Kucing tidak mau makan ,pertanda apa itu ??

Banyak faktor yang menyebabkan kucing tidak mau / nafsu makan, dengan mengetahui penyebabnya setidaknya kita bisa melakukan solusi yang tepat namun tentunya pertolongan seorang dokter mutlak dilakukan. Berikut beberapa faktor yang bisa membuat kucing tidak mau makan,

  • Penyakit
Penyakit yang menyerang sistem pencernaan kucing umumnya menyebabkan kucing menjadi tidak nafsu makan. Mulai dari penyakit mulut dan gigi hingga lambung. Namun tidak menutup kemungkinan terkena penyakit dalam lain seperti flu kucing atau distemper. terkadang nafsu makan yang hilang karena penyakit ini disertai dengan kondisi tubuh yang melemah, lemas dan muntah

  • Stress 
Kucing juga dapat mengalami stress. Ini disebabkan antara lain perubahan suasana misal kandang yang baru , hingga karena beradu dengan kucing lain

  • Makanan
 Makanan yang diganti jenisnya dapat membuat kucing menjadi tidak mau makan. Karena tiap kucing memiliki kecocokan tersendiri untuk makanan yang dikonsumsinya.Untuk itu disarankan jangan terlalu sering mengubah2 makanan kucing

  • Birahi 
Kucing yang sedang dalam masa birahi ada yg berkurang nafsu makannya .Meskipun tidak semua kucing mengalaminya

Solusinya adalah


  1. Campur & ganti makanan
    Seperti layaknya clubon, kucing pun bisa bosan terhadap makanan yang sama setiap hari. Hal ini bisa dicoba diatasi dengan memberikan makanan basah atau makanan kalengan yang memang memiliki aroma dan rasa yang lebih kuat. Bila kucing mau makan makanan basah tersebut, coba campurkan makanan kering dengan makanan basah. Makanan kalengan (basah) sebaiknya tidak diberikan setiap hari untuk jangka panjang karena selain nutrisinya tidak mencukupi juga dapat mempercepat pembentukan plak atau karang gigi.
  2. Pancing nafsu makan
    Terkadang kucing sedikit malas-malasan bisa dibilang manja kepada sang pemiliknya. Coba sodorkan makanan (piring makanan) ke depan hidungnya atau masukkan sedikit makanan ke dalam mulutnya dan lihat apakah nafsu makannya terbangkitkan. Jika kucing menolak makanannya bisa lanjut ke cara yang ketiga.
  3. Suapi kucing
    Memelihara kucing sama saja mempunyai bayi. Menyuapi kucing bisa dengan tangan, sendok kecil atau lebih mudah menggunakan syringe (spoit/suntikan) tanpa jarum (memang agak kasar). Suapi kucing sambil sesekali sodorkan makanan pada prirng makannya untuk melihat apakah kucing sudah mau makan sendiri. Makanan yang diberikan adalah makanan basah.
    Misalnya :
    * makanan kalengan
    * makanan kering yang direndam air hangat dahulu, kemudian setelah lunak dihancurkan dengan sendok atau blender
    * campuran makanan kalengan dengan makanan kering yang sudah dihancurkan

    Hati-hati bila menyuapi dengan menggunakan syringe. Pegang kepala atau telinga kucing, masukkan syringe berisi makanan cair dari samping (ujung samping mulut), tekan syringe pelan-pelan agar kucing bisa mengunyah dan menelan makanan dengan baik. Syringe berisi makanan jangan disemprotkan kedalam mulut kucing karena bisa menyebabkan kucing tersedak makanan.
  4. Beri vitamin & perangsang nafsu makan
    Carilah suplemen & vitamin ini di apotik terdekat. Biasanya lisin dan B kompleks banyak tersedia sebagai suplemen untuk anak-anak, seperti Biolysin® Syrup, Lysmin ® (mengandung lisin & B kompleks), Becombion® syrup (B kompleks).
  5. Tube feeding
    Tube feeding adalah pemberian makan langsung ke dalam perut melalui selang. Biasanya dilakukan oleh dokter hewan pada hewan yang sakit yang tidak dapat mengunyah dan menelan makanan sedikit pun. Tube feeding ini juga sering dilakukan pada anak kucing yang tidak disusui induknya dan tidak dapat menyedot susu dari dot. Ini adalah cara terakhir jika 4 cara diatas gagal.
source : http://www.tdwclub.com/showthread.php?101-Bagaimana-Cara-Mengatasi-Kucing-yang-Tidak-Nafsu-Makan

Comments

Popular posts from this blog

Mengobati scabies pada kucing

Amati gejala dan kondisi kucing mu !

Cara agar kucing kita gemuk , ginuk ginuk (Based from ane punya story)